PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA "LASKAR KEPASKIBRAAN" BAGIAN 1

Posted by Unknown on Jumat, 02 Mei 2014 0



JUKLAK LOMBA LASKAR KEPASKIBRAAN
Ketentuan Umum
A.    Peserta Kegiatan
Peserta kegiatan terdiri dari peserta lomba (maksimal 35 orang). Pembina 2 orang, dan bina damping 2 orang, jadi total peserta dalam setiap timnya maksimal 39 orang.

a.     Peserta Lomba
1.     Peserta lomba adalah anggota Paskibra SMA/SMK/sederajat Gowa, Makassar, Maros, Pangkep, dan Pare-Pare.
2.     Setiap kontingen terdiri maksimal 39 orang.
3.     Kontingen diharuskan mengirim utusannya untuk mengikuti minimal 6 cabang yang dilombakan.
4.     Peserta lomba wajib menaati seluruh aturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh panitia dan apabila terjadi pelanggaran maka akan diberikan sanksi komidis (Komisi Disiplin).
5.     Setiap kontingen diwajibkan membawa surat rekomendasi dari sekolahnya.
6.     Setiap kontingen diwajibkan menandatagani surat pernyataan untuk menaati seluruh aturan yang berlaku.
7.     Dilarang membawa senjata tajam, senjata api, dan sejenisnya yang bisa melumpuhkan dan mematikan, dilarang merokok di dalam lingkungan SMA Negeri 1 Maros.
8.     Dilarang membawa barang-barang berharga yang berlebih dan peserta bertanggungjawab penuh untuk menjaga barang yang dibawanya.
9.     Yang dapat masuk adalah peserta yang memiliki ID Card.
10.                        Di larang membuat keributan di dalam lingkungan SMA Negeri 1 Maros.
11.                        Peserta wajib menjaga kebersihan dan menjaga inventaris kelas (ruanagn yang ditempati selama lomba).
12.                        Menjaga nama baik sekolah asing-masing.







b.     Supporter
1.     Supporter adalah kelompok yang hanya mengamati kegiatan kontingennya dengan mematuhi segala peraturan mengenai supporte serta tidak mengikuti cabang lomb apapun.
2.     Jumlah supporter maksimal 20 orang, terdiri dari 5 freepass dan selebihnya diwajibkan membayar tiket seharga Rp.5000/orang.
3.     Supporter dilarang keras keluar masuk di kawasan SMA Negeri 1 Maros.
4.     Supporter tidak diperkenankan masuk ke dalam ruangan peserta lomba.
5.     Supporter tidak boleh melakukan tindakan yang mengganggu peserta yang sedang berlomba.
6.     Supporter harus memakai pakaian rapi (baju berkerah), celana panjang, dan memakai sepatu.
7.     Supporter tidak diperkenankan membawa senjata tajam, senjata api, dan sejenisnya masuk ke kawasan SMA Negeri 1 Maros.
8.     Supporter dilarang merokok di dalam kawasan SMA Negeri 1 Maros.
9.     Apabila supporter melanggar ketentuan maka akan diberikan sanksi kepada sekolahnya, dimana sanksinya diserahkan sepenuhnya kepada komdis.
10.                        Supporter wajib menaati seluruh aturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh panitia baik aturan mengenai supporter maupun mengenai lomba.

c.      Pembina
1.     Pembina adalah guru atau yang dimandatkan oleh pihak sekolah (dibuktikan dengan surat rekomendasi dari sekolah) untuk mendampingi peserta lomba selama kegiatan berlangsung.
2.     Setiap kontingen didampingi maksimal 2 orang pembina.
3.     Pembina dapat mendampingi kontingennya dimanapun kontingennya di tempatkan.
4.     Pembina bertanggungjawab penuh atas seluruh peserta lomba, bina damping dan supporter yang diikutertakan.
5.     Pembina wajib memakai pakaian rapi (baju berkerah), celana panjang, dan memakai sepatu.
6.     Pembina tidak diperkenankan membawa senjata tajam dan sejenisnya.
7.     Pembina hanya diperkenankan merokok di kawasan yang telah ditentukan oleh panitia.
8.     Pembina wajib menaati seluruh aturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh panitia.

d.     Bina Damping
1.     Bina damping adalah pengurus paskibra atau alumni yang dimandatkan oleh sekolah untuk mendampingi peserta lomba selama kegiatan berlangsung.
2.     Setiap kontingen didampingi maksimal 2 orang bina damping.
3.     Bina damping dapat mendampingi kontingennya dimanapun kontingennya ditempatkan.
4.     Bina damping mengkoordinir seluruh peserta lomba dari setiap kontingennya masing-masing.
5.     Bina damping harus memakai pakaian rapi (baju berkerah), celana panjang, dan sepatu.
6.     Bina damping tidak diperkenankan meroko di kawasan SMA Negeri 1 Maros.
7.     Bina damping wajib menaati seluruh aturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh panitia.










B.    JENIS LOMBA
a.     Lomba Khusus
1.     Lomba Tata Upacara Sekolah
2.     Lomba  Keterampilan Baris-Berbaris
3.     Lomba Formasi
b.     Lomba Umum
1.     Lomba Cerdas Cermat
2.     Lomba Debat Bahasa Indonesia
3.     Lomba Blog
4.     Lomba Pantun Bahasa Indonesia
5.     Lomba Pidato Bahasa Indonesia
c.      Lomba Seni dan Kreativitas
1.     Akustik
2.     Drama Komedi
3.     Grafiti
4.     Majalah Dinding (Mading)
d.     Lomba Exhibition
1.     Tarik Tambang
2.     Futsal Putra
3.     Volly Putri

C.     KOMISI DISIPLIN (KOMDIS)
1.     Komisi disiplin adalah bidang yang dimandatkan untuk mengawasi dan memberikan sanksi kepada peserta kegiatan yang melanggar selama kegiatan berlangsung.
2.     Anggota komisi disiplin Purna Paskibra SMA Negeri 1 Maros, Steering Commitee dan Panitia Pelaksana Laskar Kepaskibraan.
3.     Komisi disiplin berhak menentukan aturan dan memberikan sanksi.

D.    PELAKSANA, WAKTU, DAN TEMPAT KEGIATAN
a.     Pelaksana
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Paskibra01 SMA Negeri 1 Maros yang didukung oleh Dinas Pendidikan Olahraga dan Pemuda Kabupaten Maros, serta instansi/lembaga yang terkait.

b.     Waktu
ü Technical Meeting I
hari, tanggal            : Sabtu, 17 Mei 2014
waktu                        : 14.00 WITA-selesai
tempat                      : SMA Negeri 1 maros

Ketentuan :
·        Technical Meeting I membahas mengenai Juklak dan Juknis.
·        Technical Meeting I membahas hal-hal yang dianggap perlu.
·        Peserta yang tidak hadir Technical Meeting I dianggap setuju dengan keputusan dan tidak dapat diganggu gugat.

ü Technical Meeting II
hari,tanggal : Senin 2 Juni 2014
waktu                        : 14.00 WITA-selesai
tempat                      : SMA Negeri 1 Maros

Ketentuan :
·        Technical Meeting II meninjau kembali pembahasan Juklak dan Juknis.
·        Pada Technical Meeting II tiap-tiap sekolah diharuskan utuk menyelesaikan segala sesuatu yang bersifat administratif (Kontribusi,formulir,foto,dsb).
·        Pendaftaran peserta akan ditutup setelah Technical Meeting II.
·        Peserta yang tidak menghadiri Technical Meeting II dianggap setuju dengan keputusan dan tidak dapat diganggu gugat.

ü Pelaksanaan Kegiatan
hari                 : Rabu-Minggu
tanggal                      : 18-22 Juni 2014
tempat                      : SMA Negeri 1 Maros



E.     KONSTRIBUSI PESERTA
1.     Peserta lomba diharuskan membayar konstribusi Rp.300.000/tim
2.     Fasilitas yang disediakan oleh panitia adalah :
v Makan siang 3x
v Snack 4x
v Sertifikat untuk sekolah dan peserta
v Plakat untuk sekolah
v Trophy dan hadiah hiburan untukpemenang/juara
v Uang pembinaan untuk juara umum


F.     UPACARA
Upacara Pembukaan
            hari, tanggal                        : Rabu, 18 Juni 2014
            waktu                                    : 14.00 WITA–selesai
            tempat                                  : SMA Negeri 1 Maros

Upacara Penutupan
            hari, tanggal                        : Minggu, 22 Juni 2014
                        waktu                                    : 16.00 WITA-selesai
                        tempat                                  : SMA Negeri 1 Maros

Ketentuan Upacara :
·        Setiap kontingen wajib mengirimkan minimal 20 pesertanya untuk mengikuti upacara pembukaan dan penutupan.
·        Setiap kontingan wajib melaporkan peserta yang akan mengikuti upacara pembukaan paling lambat sebelum kegiatan.
·        Setiap kontingen wajib datang paling lambat 20 menit sebelum upacara dimulai.
·        Setiap kontingen wajib menaati aturan yang telah ditetapkan.
·        Setiap kontingen wajib mengenakan pakaian OSIS sekolah masing-masing.
·        Setiap kontingen yang melanggar aturan akan dikenakan sanksi oleh komdis.





Ketentuan Khusus
1.     Perwakilan peserta yang mengikuti Technical Meeting I dan II diwajibkan berpakaian rapi (baju berkerah, celana panjang, dan sepatu).
2.     Peserta yang tidak mengikuti Technical Meeting I dan II dianggap menyetujui segala keputusan yang telah disepakati bersama.
3.     Setiap kontingen menyetorkan daftar calon peserta, formulir, dan foto ukuran 3x4 (berwarna dan latar merah) sebanyak 3  lembar dan foto ukuran 2x3 (berwarna dan latar merah) 1 lembar ketika Technical Meeting II.
4.     Regu yang akan tampil harus hadir 15 menit sebelum lomba dimulai.
5.     Peserta yang tidak hadir dan telah waktunya untuk melaksanakan lomba dan telah dipanggil sebanyak tiga kali dengan interval waktu 1 menit maka akan di diskualifikasi.
6.     Sebelum tampil, kontingen akan dikarantina di tempat yang telah ditentukan oleh panitia.
7.     Kontingen yang telah tampil dilarang mengganggu kontingen lain yang sedang tampil.
8.     Setiap kontingen yang akan tampil diharuskan memakai pakaian uniform/Pakaian Dinas Latihan pada saat LKBB dan Formasi serta memakai seragam OSIS paa saat LTUS.
9.     Pendaftaran LASKAR KEPASKIBRAAN dimulai pada Technical Meeting I sampai Technical Meeting II.
10.          Keputusan dewan juri dan panitia mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.



About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Copyright © 2013 PASKIBRA 01 SMANSA MAROS. WP Blogger Maros converted by Samad dadrana
Blogger template. Proudly Powered by Blogger.
back to top