PETUNJUK TEKNIS LOMBA "LASKAR KEPASKIBRAAN" BAGIAN 1

Posted by Paskibra Smansa Maros on Jumat, 02 Mei 2014 0



JUKNIS LOMBA LASKAR KEPASKIBRAAN
Ø LOMBA KHUSUS
o   Lomba LBB
·        Ketentuan Lomba :
1.     Tampil berdasarkan no.urut peserta sesuai dengan undian saat Technical Meeting (TM).
2.     Supporter dilarang meneriakkan peserta saat lomba berlangsung.
3.     Apabila komandan/pemimpin peleton dan peserta ada yang pingsan, maka lomba akan diberhentikan.
4.     Bagi supporter lomba yang memberi kode isyarat pada saat lomba berlangsung,maka akan di diskualifikasi.
5.     Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi yang di raih pada setiap kategori penilaian dan berdasarkan hasil penilaian dan keputusan dewan juri.
6.     Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
7.     Ketentuan lomba/teknis lomba LBB merupakan hak dan tanggung jawab dewan juri.
8.     Setiap sekolah harus mengumpulkan susunan aba-aba sebelum tampil.
·        Aturan-Aturan Dalam Lomba LBB :
1.     Ukuran lapangan yakni 10x15 meter (Lomba LBB).
2.     Setiap sekolah mengutus 1 peleton untuk mengikuti lomba LBB yang berjumlah 28 orang, yang terdiri atas 1 danton/pemimpin peleton dan 27 pasukan.
3.     Tiap sekolah melaksanakan aba-aba LBB.
4.     Tidak boleh menginjak/melewati garis ketentuan ukuran lapangan lomba LBB.
5.     Waktu/durasi dalam melaksanakan lomba LBB yakni 10 menit.
6.     Seluruh peserta lomba LBB diwajibkan menggunakan pakaian kerja.
·        Peraturan Danton/Komandan (Pemimpin Peleton) :
1.        Sikap (Danton berdiri sesuai tempat yang ditentukan).
2.        Penguasaan lapangan.
3.        Penguasaa materi lomba.
4.        Kemampuan memberikan aba-aba.
5.        Cara memberikan instruksi.
6.        Suara (Intonasi, tempo, artikulasi).
7.        Ketenangan.
8.        Kemampuan menguasai massa.
9.        Kemampuan menghapal aba-aba.
·     Kategori Penilaian Lomba LBB :
1.       Kekompakan gerakan.
2.       Kerapihan gerakan.
3.       Keindahan gerakan.
4.       Waktu/durasi yang digunakan dalam melaksanakan lomba LBB.
·     Ketentuan Dis/Minus :
1.       Apabila panggilan ke-3 peserta tidak ada di tempat, maka peserta akan didiskualifikasi di sertai dengan alasan tertentu.
2.       Membuat kekacauan.

o  Lomba Formasi
·     Ketentuan Lomba Formasi :
1.       Tampil berdasarkan no.urut peserta sesuai dengan undian saat Technical Meeting (TM).
2.       Supporter dilarang meneriakkan peserta saat lomba berlangsung.
3.       Apabila komandan/pemimpin peleton dan peserta ada yang pingsan, maka lomba akan diberhentikan.
4.       Bagi supporter lomba yang memberi kode isyarat pada saat lomba berlangsung,maka akan di diskualifikasi.
5.       Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi yang di raih pada setiap kategori penilaian dan berdasarkan hasil penilaian dan keputusan dewan juri.
6.       Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
7.       Ketentuan lomba/teknis lomba LBB merupakan hak dan tanggung jawab dewan juri.
8.       Gambar/ilustrasi bentuk formasi dikumpul kepada dewan juri sebelum melaksanakan lomba formasi.
·        Aturan-Aturan Dalam Lomba Formasi :
1.       Ukuran lapangan yakni 10x15 meter (Lomba formasi).
2.       Setiap sekolah mengutus 1 peleton untuk mengikuti lomba LBB yang berjumlah 28 orang, yang terdiri atas 1 danton/pemimpin peleton dan 27 pasukan.
3.       Tiap sekolah melaksanakan aba-aba formasi.
4.       Tidak boleh menginjak/melewati garis ketentuan ukuran lapangan lomba LBB.
5.       Waktu/durasi dalam melaksanakan lomba formasi yakni 10 menit.
6.       Seluruh peserta lomba formasi diwajibkan menggunakan pakaian kerja.
7.       Setiap peserta lomba formasi, kecuali danton harus menggunakan nomor urut (yang di pasang di dada peserta).
·        Peraturan Danton/Komandan (Pemimpin Peleton) :
1.     Sikap (Danton berdiri sesuai tempat yang ditentukan).
2.     Penguasaan lapangan.
3.     Penguasaa materi lomba.
4.     Kemampuan memberikan aba-aba.
5.     Cara memberikan instruksi.
6.     Suara (Intonasi, tempo, artikulasi).
7.     Ketenangan.
8.     Kemampuan menguasai massa.
·     Kategori Penilaian Lomba formasi :
1.       Tingkat kesulitan.
2.       Kekompakan gerakan.
3.       Kerapian gerakan.
4.       Keindahan gerakan.
5.       Waktu/durasi yang digunakan dalam melaksanakan lomba formasi.
6.       Kreatifitas gerakan.
7.       Gerakan PBB murni yang dikreasikan.
8.       Bentuk akhir.
·     Ketentuan Dis/Minus :
1.       Apabila panggilan ke-3 peserta tidak ada di tempat, maka peserta akan didiskualifikasi di sertai dengan alasan tertentu.
2.       Membuat kekacauan.











o   Lomba LTUS
·        Ketentuan lomba LTUS :
1.     Tampil berdasarkan nomor urut peserta sesuai dengan undian saat Technical Meeting (TM).
2.     Suporter dilarang meneriakkan peserta saat lomba berlangsung.
3.     Apabila komandan/pemimpin peleton dan peserta ada yang pingsan maka lomba akan diberhentikan.
4.     Bagi suporter lomba yang memberi kode isyarat pada saat lomba berlangsung, maka akan didiskualifikasi.
5.     Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi yang diraih pada setiap kategori penilaian dan berdasarkan hasil penilaian dan keputusan dewan juri.
6.     Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
7.     Ketentuan lomba atau teknis lomba LTUS merupakan hak dan tanggung jawab dewan juri.
8.     Membawa teks doa dari masing-masing sekolah.
·               Aturan Dalam Lomba LTUS :
1.     Ukuran lapangan yakni 10x20 meter (Lomba LTUS).
2.     Setiap sekolah mengutus 1 peleton untuk lomba LTUS yang berjumlah 35 orang, yang terdiri dari :
-         1 orang danton (pemimpin upacara)
-         9 orang penyanyi
-         1 orang dirjen
-         1 orang ajudan
-         1 orang pembaca UUD 1945
-         1 orang protokol
-         1 orang pembaca doa
-         1 orang pembawa teks pancasila
-         1 orang pembina upacara
-         1 orang pengatur upacara
-         3 orang pengibar bendera
-         12 orang peserta upacara : 3 orang ketua kelas dan 9 orang siswa
-         3 orang dewan guru
3.     Tidak boleh menginjak/melewati garis ketentuan ukuran lapangan lomba LTUS.
4.     Waktu/durasi dalam lomba LTUS yakni maksimal 25 menit.
5.     Semua peserta lomba LTUS harus menggunakan pakaian resmi sekolah/pakaian putih abu-abu.
·        Kategori Penilaian :
1.     Sikap
2.     Penguasaan lapangan
3.     Penguasaan materi lomba
4.     Suara (intonasi, tempo, artikulasi)
5.     Ketenangan
6.     Kerapian gerakan
7.     Waktu/durasi yang digunakan dalam melaksanakan lomba LTUS
8.     Gerakan PBB murni
9.     Bentuk akhir : bubar
10.                        Cara memberikan intruksi
·        Ketentuan Dis/Minus
1.     Tidak ada pergerakan tambahan
2.     Apabila panggilan ke-3 peserta tidak ada di tempat, maka peserta akan didiskualifikasi di sertai dengan alasan tertentu.
3.     Membuat kekacauan.

Ø LOMBA UMUM
o   Pidato
·        Ketentuan Lomba Pidato
1.     Tampil berdasarkan nomor urut peserta sesuai dengan undian saat Technical Meeting (TM).
2.     Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi yang diraih pada setiap kategori penilaian dan berdasarkan hasil penilaian dan keputusan dewan juri.
3.     Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
·        Aturan Lomba Pidato
1.     Peserta diwajibkan mengenakan seragam sekolah formal putih abu-abu.
2.     Peserta diharapkan berada di ruangan 15 menit sebelum lomba dimulai.
3.     Diharapkan tidak membawa teks atau catatan pada saat berpidato.
4.     Peserta wajib mengumpul naskah pidato sebanyak 3 rangkap sehari sebelum lomba pidato Bahasa Indonesia berlangsung.
5.     Durasi pidato 7-10 menit.
6.     Tema pidato sebagai berikut : - “Permainan politik : Korupsi, Kolusi dan                                                                           Nepotisme”
                                           - “Kebangkitan Nasional”
                                           -“Pudarnya ideology pancasila”

o   Blog
·        Ketentuan Lomba Blog
1.     Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi yang diraih pada setiap kategori penilaian dan berdasarkan hasil penilaian dan keputusan dewan juri.
2.     Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
·        Aturan Lomba Blog
1.     Setiap sekolah mengirimkan 1 orang perwakilan.
2.     Artikel harus ditulis menggunakan bahasa Indonesia, bahasa inggris dapat digunakan sebagai pelengkap artikel bukan sebagai bahasa utama penulisan.
3.     Artikel maksimal terdiri atas 6 paragraf.
4.     Artikel yang diperlombakan tidak mengandung unsure pornografi dan sara.
5.     Artikel adalah tulisan asli peserta bukan hasil plagiat.
6.     Artikel yang diperlombakan merupakan artikel pertama dan belum pernah di publikasikan.
7.     Artikel wajib mengandung kata kunci yaitu “Paskibra01Maros
8.     Peserta wajib mencantumkan sumber referensi apabila mengutip dari buku atau tulisan orang lain.
9.     Pendaftaran untuk lomba blog adalah dengan menuliskan alamat blog, nama, dan utusan pada laman komentar postingan lomba LASKAR KEPASKIBRAAN pada blog Paskibra01Maros.
alamat blog: Paskibsmansamaros.blogspot.com
10.                        Peserta wajib membuat dua artikel :
a.     Artikel pertama bertema “Pemuda Indonesia” dan di kirim di
b.     blog pribadi dalam waktu 1 minggu sebelum lomba. Yaitu pada tanggal 11 Juni 2014.
c.      Artikel kedua membahas mengenai kegiatan “Laskar
Kepaskibraan” dengan narasumber yang berhubungan dengan kegiatan, dikirim pada hari ketiga lomba, yaitu pada hari jum’at jam 14.00 WITA.

·        Kategori Penilaian :
1.     Kualitas tulisan.
2.     Kesesuaian dengan tema, syarat, dan ketentuan lomba.
3.     Kata kunci yang wajib dicantumkan dalam tulisan.
4.     Orisinilitas artikel yang dikirim.
5.     Kreatifitas artikel.
6.     Laman Komentar.
7.     Tampilan blog.

o   Pantun
·        Ketentuan Lomba Pantun :
1.     Tampil berdasarkan nomor urut peserta sesuai dengan undian saat Technical Meeting (TM).
2.     Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi yang diraih pada setiap kategori penilaian dan berdasarkan hasil penilaian dan keputusan dewan juri.
3.     Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
·        Aturan Lomba Pantun :
1.     Pantun dibuat pada saat perlombaan berlangsung.
2.     Pantun asli karya sendiri bukan hasil plagiat.
3.     Tema pantun yaitu “Kepaskibraan dan Kebangsaan”.
4.     Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
5.     Pantun tidak boleh mengandung unsur sara, politik, dan porno.
6.     Supporter dilarang keras meneriakkan yel-yel yang dapat menggangu konsentrasi peserta lainnya.
7.     Setiap peserta diharapkan berada di tempat 15 menit sebelum perlombaan berlangsung.
8.     Peserta wajib memakai seragam sekolah dan boleh membawa
property.









o   Cerdas Cermat
·        Ketentuan Lomba Cerdas Cermat :
1.     Tampil berdasarkan nomor urut peserta sesuai dengan undian saat Technical Meeting (TM).
2.     Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi yang diraih pada setiap kategori penilaian dan berdasarkan hasil penilaian dan keputusan dewan juri.
3.     Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
·        Aturan Lomba Cerdas Cermat :
1.     Setiap sekolah masing-masing mengutus satu tim yang berjumlah tiga orang (pa/pi).
2.     Peserta lomba cerdas cermat tidak boleh sama dengan peserta lomba debat.
3.     Peserta harus berada di ruangan 5 menit sebelum lomba berlangsung.
4.     Peserta dilarang membawa dan menyembunyikan contekan dalam bentuk apapun.
5.     Terdapat tiga jenis soal yang akan diberikan, yaitu soal wajib, soal rebutan, dan soal pernyataan.
6.     Soal wajib berjumlah 10 soal untuk masing-maasing tim. Apabila tim yang mendapat giliran menjawab tidak bias menjawab, maka soal akan dilemparkan kepada tim lain. Soal wajib yang dijawab benar bernilai 10 dan bila salah bernilai 0.
7.     Soal rebutan berjumlah 10 soal. Untuk tim yang paling cepat mengangkat tangan, maka tim tersebut yang mendapat giliran untuk menjawab. Apabila tim yang mendapat giliran menjawab tidak bias menjawab, maka soal akan dilemparkan kepada tim lain. Soal rebuatan yang dijawab benar bernilai 20 dan bila salah bernilai -10.
8.     Soal pernyataan (benar atau salah) verjumlah 5 soal untuk masing-masing tim. Soal pernyataan ini tidak akan dilemparkan kepada tim lain. Soal pernyataan yang dijawab benar bernilai 10 dan bila salah bernilai -5.
9.     Waktu masing-masing tim untuk menjawab pertanyaan selama 1 menit.
10.                        Materi soal mengenai wawasan kepaskibraan dan pengetahuan umum.
11.                        Peserta harus menggunakan seragam sekolah masing-masing.
o   Debat Bahasa Indonesia
·        Ketentuan Lomba Debat Bahasa Indonesia :
1.     Tampil berdasarkan nomor urut peserta sesuai dengan undian saat Technical Meeting (TM).
2.     Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi yang diraih pada setiap kategori penilaian dan berdasarkan hasil penilaian dan keputusan dewan juri.
3.     Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
·        Aturan Lomba Debat Bahasa Indonesia :
1.     Setiap sekolah mengutus satu tim yang berjumlah tiga orang (pa/pi).
2.     Peserta lomba debat tidak boleh sama dengan peserta lomba cerdas cermat.
3.     Peserta harus berada di ruangan 5 menit sebelum lomba berlangsung.
4.     Penentun motion ditentukan pada saat peserta sudah berada dalam ruangan, dengan cara diundi.
5.     Peserta dibagi menjadi 2 tim yaitu tim pro dan tim kontra, dengan cara diundi.
6.     Lomba debat akan dibagi menjadi 3 babak : penyisihan I, penyisihan II, grand final.
7.     Pada saat lomba debat berlangsung peserta harus menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan benar.
8.     Pada saat lomba debat berlangsung peserta tidak boleh menyinggung unsur sara. Politik, dan pornografi.
9.     Peserta boleh menginterupsi pembicara dari tim lain yang sedang berbicara.
10.                        Peserta debat harus menggunakan pakaian OSIS sekolah masing-masing.
11.                        Durasi/waktu lomba debat : -waktu diskusi dari masing-masing tim selama
2 menit.
-pemaparan argument dari masing-masing tim
  selama 2 menit.
-debat selama 7 menit.
-pemaparan kesimpulan dari masing-masing
  tim selama 1 menit.

Ø LOMBA SENI DAN KREATIVITAS
o   Majalah Dinding (Majalah)
·        Ketentuan Lomba Mading :
1.     Tampil berdasarkan nomor urut peserta sesuai dengan undian saat Technical Meeting (TM).
2.     Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi yang diraih pada setiap kategori penilaian dan berdasarkan hasil penilaian dan keputusan dewan juri.
3.     Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
·        Aturan Lomba Mading :
1.     Majalah dinding dibuat di tempat perlombaan selama 5 jam.
2.     Tema majalah dinding “Kepaskibraan”.
3.     Sumber naskah dibuat di sekolah masing-masing.
4.     Ukuran luas mading : 100x100 cm.
5.     Model majalah dinding 2 dimensi.
6.     Isi majalah dinding tidak boleh menyimpang dari tema yang telah ditentukan dan tidak boleh mengandung SARA.
7.     Isi mading yaitu memuat rubrik sebagai berikut :
Ø Rubrik yang diwajibkan :
§  Judul/nama
§  Staf redaksi
§  Artikel tentang kepaskibraan
Ø Rubrik pilihan jika halaman mading  masih memungkinkan, yaitu :
§  Ilmu pengetahuan dan teknologi
§  Puisi
§  Cerpen
§  Profil (tokoh/ilmuwan)
§  Karikatur
§  Humor, dll
8.     Naskah wajib di tulis tangan.
9.     Peserta membawa peralatan sendiri.
10.                        Setiap sekolah mengutus satu tim yang terdiri atas empat orang.
11.                        Mading dipamerkan di area lomba, dan harus ada 1 orang yang menjaga mading (bisa di rolling orangnya).
12.                        Mading diberi plastik ketika telah selesai.
13.                        Setelah mading selesai, setiap sekolah mempresentasikan hasil madingnya.

o   Grafiti
·        Ketentuan Lomba Grafiti
1.     Tampil berdasarkan nomor urut peserta sesuai dengan undian saat Technical Meeting (TM).
2.     Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi yang diraih pada setiap kate
3.     gori penilaian dan berdasarkan hasil penilaian dan keputusan dewan juri.Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
·        Aturan Lomba Grafiti :
1.     Setiap sekolah mengutus 1 orang untuk mengikuti lomba ini.
2.     Peserta diwajibkan membawa perlengkapan sendiri, yaitu cat pewarna (cat minyak, pilox).
3.     Panitia hanya menyiapkan papan triplex berukuran 100x100 cm.
4.     Tema yang akan dibuat adalah Laskar Kepaskibraan.
5.     Peserta dilarang membawa cetakan dari pola atau sketsa yang dibuat.
6.     Peserta diberikan waktu dalam perlombaan selama 1 jam.
7.     Jika peserta mendapat bantuan dari pihak pendukung atau pihak sekolahnya maka peserta akan di diskualifikasi.
·        Sistem Penilaian Lomba Grafiti :
1.     Kerumitan dari pola atau sketsa yang dibuat.
2.     Pewarnaan dan kerapian dari hasil yang dibuat.
3.     Kreatifitas dari peserta.

o   Lomba Akustik
·        Ketentuan Lomba Akustik :
1.     Tampil berdasarkan nomor urut peserta sesuai dengan undian saat Technical Meeting (TM).
2.     Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi yang diraih pada setiap kategori penilaian dan berdasarkan hasil penilaian dan keputusan dewan juri.
3.     Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
·        Aturan Lomba Akustik :
1.     Setiap tim maksimal terdiri atas 6 orang.
2.     Setiap tim wajib menyanyikan 2 lagu, yang terdiri atas 1 lagu wajib yang berjudul “Dari Mata Sang Garuda (Pee Wee Gaskins)” dan 1 lagu bebas.
3.     Setiap peserta wajib memakai pakaian sopan dan rapi.
4.     Durasi selama tampil yaitu maksimal 10 menit.
5.     Peserta wajib mengumpulkan lirik lagunya paling lambat 15 menit sebelum lomba dimulai.
·        Sistem Penilaian Lomba Akustik :
1.     Harmonisasi.
2.     Aksi panggung.
3.     Kreatifitas.
4.     Aransemen.

o   Lomba Drama Komedi :
·        Ketentuan Lomba Drama Komedi :
1.     Tampil berdasarkan nomor urut peserta sesuai dengan undian saat Technical Meeting (TM).
2.     Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi yang diraih pada setiap kategori penilaian dan berdasarkan hasil penilaian dan keputusan dewan juri.
3.     Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
·        Aturan Lomba Drama Komedi :
1.     Setiap sekolah mengutus 5 orang anggotanya untuk mengikuti lomba drama komedi.
2.     Setiap sekolah harus menyiapkan dan mengumpulkan konsep drama sebelum tampil.
3.     Peserta dapat menggunakan properti, drama komedi tidak boleh mengandung unsur pornografi dan tidak boleh menggunakan hal-hal yang berlebihan.
4.     Tema drama komedi tentang kebangkitan nasional.
·        Sistem Penilaian Lomba Drama Komedi :
1.     Mimik.
2.     Suara (intonasi dan artikulasi harus jelas).
3.     Kelucuan (isi dari drama komedi).
4.     Properti yang digunakan.
5.     Penguasaan materi setiap peserta.


o   LOMBA EXHIBITION
·        Lomba Volly
·        Ketentuan Lomba Lomba Volly :
1.     Tampil berdasarkan nomor urut peserta sesuai dengan undian saat Technical Meeting (TM).
2.     Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi yang diraih pada setiap kategori penilaian dan berdasarkan hasil penilaian dan keputusan dewan juri.
3.     Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
·        Aturan Lomba Volly :
1.     Setiap sekolah mengutus 1 tim yang terdiri atas 6 orang putrid (minimal 4 jika terjadi kekurangan pemain).
2.     Pemain tidak boleh menyentuh bibir net bagian atas.
3.     Pemain tidak boleh menginjak garis dibawah net.
4.     Pemain memutar ke kiri ketika berpindah tempat.
5.     Pemain tidak boleh menginjak garis saat servis.
6.     Permainan terdiri atas 2 set dengan jumlah point 15, khusus pada semi final dan final jumlah point menjadi 25.

·        Lomba Futsal
·        Ketentuan Lomba Futsal :
1.     Tampil berdasarkan nomor urut peserta sesuai dengan undian saat Technical Meeting (TM).
2.     Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi yang diraih pada setiap kategori penilaian dan berdasarkan hasil penilaian dan keputusan dewan juri.
3.     Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
·        Aturan Lomba Futsal :
1.     Setiap sekolah mengutus 1 tim yang terdiri atas 5 peserta (3 pemain inti dan 2 pemain cadangan).
2.     Setiap peserta harus menggunakan kostum yang seragam.
3.     Setiap pemain harus menggunakan sepatu futsal.
4.     Ukuran lapangan futsal adalah 10x15 m.
5.     Ukuran gawang futsal adalah 1x1 m.


·        Lomba Tarik Tambang
·        Ketentuan Lomba Tarik Tambang
1.     Tampil berdasarkan nomor urut peserta sesuai dengan undian saat Technical Meeting (TM).
2.     Pemenang lomba ditentukan berdasarkan nilai akumulasi tertinggi yang diraih pada setiap kategori penilaian dan berdasarkan hasil penilaian dan keputusan dewan juri.
3.     Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
·        Aturan Lomba Tarik Tambang :
1.     Setiap sekolah mengutus 1 tim yang berjumlah 5 orang.
2.     Pada babak penyisihan, lomba dilangsungkan selama 3 babak dan pada babak final, lomba dilangsungkan selama 5 babak.
3.     Peserta dilarang menggunakan kaos tangan.
4.     Jika dalam pelaksanaan lomba, salah satu peserta mengalami cedera, peserta tersebut tidak boleh digantikan kecuali jika lolos ke babak selanjutnya.

About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 komentar:

Copyright © 2013 PASKIBRA 01 SMANSA MAROS. WP Blogger Maros converted by Samad dadrana
Blogger template. Proudly Powered by Blogger.
back to top